Pengikut

Rabu, 22 Februari 2017

manajemen strategi PT. HM Sampoerna Tbk.



TUGAS MANAJEMEN STRATEGI
PROFIL PERUSAHAAN
PT. HM SAMPOERNA Tbk




Disusun oleh:
Uswatun Kasanah         (130421100033)


PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
Universitas TRUNOJOYO MADURA
2016
1.      SEJARAH
PT. HM Sampoerna merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri rokok yang pertama berdiri di Indonesia dan perusahaan rokok terkemuka di indonesia.
1.1 Sejarah Pendirian PT. HM Sampoerna Tbk
PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk didirikan pada tanggal 19 Oktober 1963 berdasarkan Akta Notaris Anwar Mahajudin S.H. No 69 yang disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia yang tertera dalam surat keputusan No. J.A.5/59/15 pada tanggal 30 April 1964. PT HM Sampoerna Tbk merupakan perusahaan yang pada tanggal 26 Januari 2010 menyatakan bergerak dibidang industri dan perdagangan rokok serta investasi saham pada perusahaan lain. produksi rokok secara komersial dimulai sejak tahun 1913 di kota Surabaya yang berawal sebagai industri rumah tangga dan tahun 1930 diresmikan dengan dibentuknya NVBM Handel Maatschapij Sampoerna.
PT. HM Sampoerna Tbk berlokasi di Jalan Rungkut Industri Raya No. 18, Surabaya yang memiliki perusahaan cabang di wilayah Surabaya, Pandaan, Malang dan juga Karawang. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan industri rokok yang terkenal di Indonesia dengan sejumlah merek rokok unggulannya yang terkenal. Sejarah perusahaan ini sangat kental dengan sejarah keluarga pendirinya.
Pada tahun 1913, Liem Seeng Tee beserta istrinya Siem Tjiang Nio membuat serta menjual rokok kretek linting tangan di rumahnya di wilayah Surabaya. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan pertama yang memproduksi rokok kretek maupun rokok putih. Pertumbuhan dari popularitas serta penjualan dari rokok kretek meningkat sangat pesat sehingga membuat Liem Seeng Tee mengubah nama keluarga sekaligus nama dari perusahaannya dengan nama Sampoerna yang berarti kesempurnaan.
Perusahaan rokok ini meraih kesuksesan dengan salah satu merek rokoknya yaitu Dji Sam Soe pada tahun 1930-an hingga tahun 1942 Jepang memporak-porandakan bisnis mereka. Putra dari Liem yang bernama Aga Sampoerna mengambil kepemimpinan dan mulai membangkitkan kembali perusahaan tersebut dengan menerapkan sistem manajemen yang lebih modern. Generasi berikutnya yaitu putra dari Aga Sampoerna yaitu Putera Sampoerna yang mulai melakukan inovasi-inovasi baru seperti memperkenalkan rokok yang mengandung nikotin rendah, A Mild dan juga melakukan perluasan bisnis di supermarket Alfa dan juga perbankan.
Pada tahun 2000, Michael Sampoerna purta dari Putera Sampoerna mulai masuk ke jajaran direksi dan menyandang jabatan sebagai CEO. Keberhasilan yang dicapai oleh PT. HM Sampoerna Tbk menarik perhatian dari Philip Morris Internasional Inc yang merupakan salah satu dari perusahaan pokok terbesar di dunia. Pada bulan Mei tahun 2005, perusahaan ini diakuisisi oleh PMI sehingga direksi dan manajemen terdiri dari gabungan profesional Sampoerna dan PMI.
1.2  Visi dan Misi PT. HM Sampoerna Tbk
Visi dari PT. HM Sampoerna Tbk terkandung dalam falsafah Tiga Tangan yang mengambil gambaran mengenai lingkungan usaha dan peranan Sampoerna di dalamnya. Tiga Tangan tersebut mewakili perokok dewasa, karyawan dan mitra bisnis yang merangkul masyarakat luas untuk meraih visi menjadi perusahaan paling terkemuka di Indonesia. Kami meraih ketiga kelompok ini dengan cara sebagai berikut:
1.      Memproduksi rokok yang berkualitas tinggi dengan harga yang wajar bagi perokok dewasa
Sampoerna berkomitmen untuk memproduksi sigaret yang berkualitas tinggi dengan harga yang wajar bagi konsumen dewasa. Ini dicapai melalui penawaran produk yang relevan dan inovatif untuk memenuhi selera konsumen yang dinamis.
2.      Memberikan kompensasi dan lingkungan kerja yang baik kepada karyawan dan membina hubungan baik dengan mitra usaha
Karyawan adalah aset terpenting Sampoerna. Kompensasi, lingkungan kerja dan peluang yang baik untuk pengembangan adalah kunci utama membangun motivasi dan produktivitas karyawan. Di sisi lain, mitra usaha kami juga berperan penting dalam keberhasilan kami dan kami mempertahankan kerjasama yang erat dengan mereka untuk memastikan vitalitas dan ketahanan mereka.
3.      Memberikan sumbangsih kepada masyarakat luas
Kesuksesan Sampoerna tidak terlepas dari dukungan masyarakat di seluruh indonesia. Dalam memberikan sumbangsih, kami memfokuskan pada kegiatan pengetasan kemiskinan, pendidikan, pelestarian lingkungan, penanggulangan bencana dan kegiatan sosial karyawan.
Misi dari PT. HM Sampoerna Tbk adalah menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia. Hal ini dilakukan PT. HM Sampoerna Tbk dengan senantiasa mencari tahu keinginan konsumen dan memberikan produk yang dapat memenuhi harapan mereka. PT. HM Sampoerna Tbk bangga atas reputasi yang PT. HM Sampoerna Tbk raih dalam hal kualitas, inovasi dan keunggulan.

2.      PRODUK YANG DIHASILKAN
Berikut merupakan produk-produk yang dihasilkan oleh PT. HM Sampoerna Tbk yaitu:
a.       Sigaret Kretek Tangan (SKT)
1.      Dji Sam Soe (diluncurkan tahun 1913)
2.      Sampoerna Kretek (diluncurkan tahun 1968)
3.      Sampoerna Pas (diluncurkan tahun 2009)
4.      Panamas 1 (diluncurkan tahun 1971)
5.      Dji Sam Soe Super Premium (diluncurkan tahun 2005)
b.      Sigaret Kretek Reguler (SKR)
1.      Dji Sam Soe Magnum Filter (diluncurkan tahun 2005)
2.      Sampoerna U Bold (diluncurkan tahun 2015)
c.       Sigaret Kretek Mesin Mild (SKM Mild)
1.      A Mild (diluncurkan tahun 1989)
2.      A Mild Menthol (diluncurkan tahun 1998)
3.      U Mild (diluncurkan tahun 2005)
4.      Trend Mild (diluncurkan tahun 2010)
5.      U Mild Cool (diluncurkan tahun 2011)
6.      Vegas Mild (diluncurkan tahun 2012)
7.      A Gold TRI-ZONE Filter (diluncurkan tahun 2013)
8.      Dji Sam Soe Magnum Blue (Diluncurkan tahun 2014)
9.      A Mild Blue (diluncurkan tahun 2015)
10.  A Motion (diluncurkan tahun 2015)
d.      Sigaret Kretek Mesin Slim (SKM Slim)
1.      A Volution (diluncurkan tahun 2007)
2.      A Volution Menthol (diluncurkan tahun 2007)
e.       Sigaret Putih Mesin (SPM)
1.      Marlboro
2.      Marlboro Lights
3.      Marlboro Menthol
4.      Marlboro Menthol Lights
5.      Marlboro Black Menthol
6.      Marlboro Ice Blast

3.      TOKOH PENTING
Berikut merupakan tokoh-tokoh penting dari PT. HM Sampoerna Tbk yaitu:
a.       Liem Seeng Tee
Liem Seeng Tee merupakan pendiri dari PT. HM Sampoerna yang juga adalah generasi pertama dari keluarga Sampoerna . Liem Seeng Tee ditemani sang istri Siem Tjiang Nio dalam mendirikan perusahaan ini pada tahun 1913 yang bertempat di wilayah Surabaya.
b.      Aga Sampoerna
Aga Sampoerna adalah generasi kedua dari keluarga Sampoerna yang merupakan putra dari Liem Seeng Tee. Aga Sampoerna mengambil alih kepemimpinan serta mulai membangkitkan PT. HM Sampoerna dengan menggunakan sistem manajemen yang lebih modern. Pada masa kepemimpinan Aga Sampoerna, dia memutuskan hanya memproduksi rokok kretek saja.
c.       Putera Sampoerna
Putera Sampoerna adalah putera dari Aga Sampoerna sehingga Putera Sampoerna merupakan generasi ketiga dari keluarga Sampoerna. Pada kepemimpinan Putera Sampoerna, dia melakukan inovasi dengan memperkenalkan rokok bernikotin rendah, A Mild, serta memperluas kepemilikan di perusahaan supermarket Alfa dan juga bidang perbankan.
d.      Michael Sampoerna
Michael Sampoerna adalah generasi berikutnya yang merupakan putra dari Putera Sampoerna. Michael mulai masuk ke jajaran direksi dengan menjabat sebagai CEO pada tahun 2000. Namun pada tahun 2005, perusahaan Sampoerna diakuisisi oleh Philip Morris Internasional Inc (PMI) yang merupakan produsen rokok yang berasal dari negara Amerika Serikat dengan ahlian memproduksi rokok putih seperti Marlboro, Virginia Slims, dan Benson & Hedges.

4.      KESUKSESAN YANG DICAPAI
Keluarga Sampoerna mampu mendirikan perusahaan-perusahaan berikut:
1.      Sampoerna (PT. HM Sampoerna Tbk)
2.      Sampoerna Strategic Group
a.       Bank Sahabat Sampoerna
b.      Sampoerna Telecom
3.      SAR Sampoerna Rescue
4.      Putera Sampoerna Foundation
a.       Sampoerna School Of Education
b.      Sampoerna School Of Business
c.       Sampoerna School System
d.      Sampoerna University
e.       Sampoerna Professional Development Center
f.       Sampoerna Academy


PT. HM Sampoerna Tbk pernah beberapa kali meraih penghargaan yang bergengsi seperti berikut:
1.      The Global Good Governance Awards 2016 kategori Best Chief Executive Officer (CEO) dan Best Chief Financial Officer (CFO).
2.      Zero Accident (kecelakaan nihil)
3.      The Best Performance of Occupational Health and Safety dari BPJS ketenagakerjaan.
4.      Social Empowerment dan Responsible Business Leader dalam ajang Asia Responsible Enterpreneurship Awards (AREA) 2015.
5.      Kategori Best Indonesia Deal 2015 dari majalah Finance Asia.
6.      Penghargaan platinum untuk program Partisipasi Penciptaan Lapangan Kerja Baru: Farmers Income Improvement and Food Sustainability di 24 Desa.
7.      Perhargaan Gold untuk program Penciptaan Akses Terhadap Air Minum/Bersih dan Sanitasi Lingkungan: Peningkatan Layanan Infrastruktur Dasar Pedesaan di Lombok Timur.
5.      KUNCI SUKSES
Kunci sukses yang dimiliki oleh PT. HM Sampoerna Tbk adalah sebagai berikut:
1.      Produk berkualitas
2.      Beragam jenis produk
3.      Mudah didapat di pasar-pasar terdekat
4.      Adanya motto untuk setiap produk yang selalu update
Selain itu, PT. HM Sampoerna Tbk dengan teguh menjalankan program tata kelola perusahaan yang kuat dan melindungi seluruh pemangku kepentingan Sampoerna dengan baik dan efektif. Komitmen diwujudkan dengan menumbuhkan dan menjaga standar kepatuhan, perilaku tanggung jawab dan integritas yang tertinggi di seluruh lapisan organisasi Sampoerna. Aturan berperilaku (Code Of Conduct) diterapkan pada seluruh afiliasi PMI, termasuk Sampoerna dikomunikasikan kepada karyawan Sampoerna pada seluruh tingkatan organisasi. Program pelatihan juga diadakan secara berkala dan partisipasi karyawan dimonitor dengan ketat.

6.      STRATEGI YANG DITERAPKAN
PT. HM Sampoerna Tbk pernah menerapkan beberapa strategi yaitu sebagai berikut:
1.      Market Driven Strategy
Market Driven Strategy merupakan strategi yang diaplikasikan dengan cara memahami pasar, konsumen dan pesaing. Strategi ini menuntut pengguna untuk membuat produk sesuai keinginan konsumen, memberikan nilai tambah bagi konsumen yang mana nilai yang diberikan harus lebih dari perngorbanan yang dilakukan konsumen untuk mendapatkan produk serta harus memahami kondisi pesaing, nilai yang diberikan pesaing ke konsumen serta teknologi yang digunakan oleh pesaing. PT. HM Sampoerna Tbk menerapkan strategi ini sejak memproduksi produk A Mild dimana produk ini memiliki nilai tambah yang lebih yaitu rendah dari kandungan zat nikotin dan tar.

2.      Blue Ocean Strategy
Jenis strategi ini juga di terapkan oleh PT. HM Sampoerna Tbk yang ditandai dengan munculnya produk A Mild yang merupakan produk unik pertama yang tidak masuk kategori sigaret kretek tangan, sigaret kretek mesin reguler maupun sigaret putih mesin. Dengan produk A Mild, PT. HM Sampoerna Tbk berani mengambil langkah untuk membuat kategori baru yaitu SKM Mild.
A-Mild merupakan rokok rendah nikotin (Low Tar Low Nicotine) pertama di Indonesia dengan komposisi tar/nikotin 14 mg/1.0 mg. Tidak hanya pada komposisi, Sampoerna juga melakukan perubahan pada kemasan A-Mild dengan mengurangi isi 20 batang menjadi 16 batang. Tahun 1994 A-Mild mengganti motto kampanye Taste of the future dan menggantinya dengan How low can you go. Dengan motto ini Sampoerna seolah-olah menantang konsumen untuk berpikir ulang mengenai jenis rokok yang mereka konsumsi.
Cara ini terbukti efektif karena penjualan A-Mild naik tiga kali lipat, dari sebelumnya hanya 18 juta batang per bulan menjadi 54 juta batang per bulan. Dan seiring dengan berjalannya waktu, penjualan A-Mild pun terus naik. Tahun 1996, A-Mild sudah menembus penjualan sebanyak 9,8 miliar batang, atau 4,59% total penjualan rokok nasional. Di tahun 2005, rokok SKM mild sudah mengambil porsi 16,97% total rokok nasional. Hingga kini A-Mild telah menjadi salah satu produk unggulan dari Sampoerna dengan penguasaan pasar sekitar 50%.
3.      Memberi “Customer Value” pada produknya
Customer Value diterapkan dengan cara membuat produk yang limited edition seperti A Mild dengan kemasan hanya 12 batang dengan menyisipkan joke yang tertera pada bungkus rokok. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen muda sehingga penjualan A Mild kemasan 12 batang akan meningkat.
4.      Diversifikasi produk
Jenis strategi ini adalah strategi yang menempatkan dana investasi ke instrumen yang berbeda-beda. Diversifikasi produk adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya. Perusahaan melakukan diversifikasi produk ditujukan:
o   Untuk membuat produk tahan lebih lama,
o   Mengarah kepada produk siap konsumsi / digunakan,
o   Memenuhi selera, kebutuhan dan harapan konsumen,
o   Memperluas  pasar,  mempermudah  transportasi,  menyerap tenaga 
         kerja, member nilai tambah, pendapatan dan lain sebagainya.

7.      DAFTAR PUSTAKA
Purbaya, Fredy. 2013. Analisis Manajemen Stategik untuk Kasus Perusahann PT HM SAMPOERNA Tbk. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma. Bekasi.
www.sampoerna.com Diakses tanggal 3 Oktober 2016

2 komentar:

  1. Kepada seluruh pihak terkait produk Rokok Sampoerna Kretek.Mohon disampaikan masukan penting dari saya. Bahwasanya Produk rokok anda terlalu keras..Apa tidak ada bagian cek dan ricek hasil produksi??? ini sudah berlangsung amat lama.Makin kesini makin parah!!

    BalasHapus